Sunday 11 March 2012

Trend Media Sosial 2012 di Indonesia

Siapa sih yang tak kenal dengan media sosial, dimulai dari adanya friendster, facebook hingga twitter bahkan sekarang lagi trend-trendnya media sosial dari google yaitu Google+ yang merupakan media sosial yang mendunia dikalangan remaja bahkan dewasa. Indonesia pun ternyata juga bisa membuat media sosial sendiri karya anak bangsa seperti salingsapa.com dan friendsbomb yang meski tidak mendunia tapi setidaknya jejaring sosial tersebut menunjukkan kalau anak bangsa pun bisa jika mau berusaha dan mendapatkan dukungan lebih dari orang-orang disekitarnya. Kita bahas satu persatu yuk tentang media sosial dimulai dari yang paling awal booming yaitu friendster.



Friendster adalah jejaring sosial yang mempunyai interfaces yang menarik. Penggunanya pun tidak hanya kalangan remaja tapi juga kalangan dewasa. Selain digunakan sebagai ajang dalam mencari teman dan pacar friendster juga bisa digunakan untuk berbagi info, berkomunikasi hingga digunakan untuk bermain game dan mendengar musik. namun kepopuleran friendster tidak bertahan lama, sehingga pada tahun 2011 perusahaan friendster telah menghapus semua akun jejaring sosial dan mengubahnya menjadi sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain view, California. Friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung unik setiap bulannya. namun sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlahnya turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar. 




Facebook, media sosial yang telah menggeser kedudukan friendster di hati para remaja bahkan dewasa. Facebook diluncurkan pada februari 2004 oleh perusahaan facebook.inc. Beberapa kegunaan dari facebook antara lain adalah untuk saling berbagi informasi dengan teman, saudara, keluarga bahkan teman jauh sekalipun. Facebook juga bisa digunakan untuk mengupload foto, video, chatting dan yang lainnya. Tahun 2012 ini, Facebook telah membuat sebuah perubahan baru pada tampilan dan tambahan interface yang lain seperti adanya cover pada profil. Menurut saya, tampilan profil facebook yang baru hampir mirip dengan tampilan twitter. Indonesia merupakan negara ke 3 terbanyak dunia yang menggunakan jejaring sosial facebook. Wow.... menakjubkan ya!!! Faktor yang menyebabkan hal ini, tak lain adalah karena jumlah penduduk Indonesia yang banyak serta semakin rakusnya kebutuhan manusia akan teknologi terkini. Perlu diketahui, kalau media sosial tidak hanya memiliki manfaat positif, tapi juga ada manfaat negatifnya contohnya masyarakat Indonesia yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk online tidak hanya menggunakan akun jejaring sosial tapi juga games online, media sosial juga bisa membuat orang ketagihan, rata-rata setiap orang yang ketagihan internet bisa online lebih dari 10 jam perhari.




Twitter, sebuah media sosial yang penggunanya memang masih jauh lebih sedikit dibandingkan facebook. Tapi  jangan salah, twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang paling dipercaya oleh kalangan artis, sehingga banyak sekali artis yang telah membuat twitter dan mempunyai follower yang amat menakjubkan. Kita ambil contoh, misalnya Lady Gaga yang saat ini menempati posisi pertama dunia yang mempunyai follower terbanyak, wow.. keren kan!!! Dari twitter jugalah akhirnya saya mengenal sebuah media sosial yang bernama Arwuda Indonesia.


Dari sekian banyak sosial media, yang perlu menjadi perhatian kali ini adalah Google+ jejaring sosial milik Google yang kini telah memiliki 170 juta pengguna di seluruh dunia. Meski media sosial yang satu ini adalah milik Google, tentunya juga tak akan pernah terlepas dari yang namanya kekurangan. Saat pertama kali diperkenalkan, banyak user yang mengeluh tentang penampilan Google+ yang terbilang masih kaku. Karena banyaknya saran dan kritik itulah tim Google+ tak tinggal diam jika tak ingin kalah dari pesaingnya seperti facebook yang telah terlebih dahulu populer dan telah merombak tampilan profil menjadi timeline. Sejak tanggal 12 april 2012 kemarin, Google+ telah memperbarui penampilan dan fiturnya seperti di bagian kanan cover foto terdapat foto profil yang sekarang secara mudah bisa diubah dengan klik perintah mengubah foto. 




Arwuda Indonesia, teman-teman yang belum tau pasti bertanya-tanya apa sih arwuda Indonesia itu.
Arwuda Indonesia adalah perusahaan yang menjadi bagian dari kelompok usaha CDAGroup, yang telah berdiri sendiri dan fokus bergerak dibidang media sosial seperti, facebook, twitter, you tube dan blog. Arwuda juga membantu setiap orang yang mempunyai perusahaan untuk bisa berkomunikasi baik dengan konsumen. tak hanya itu, kita juga bisa menemukan berbagai informasi terupdate yang menarik di website arwuda. untuk mengetahui berbagai berita dan info menarik silahkan kunjungi web arwuda di www.arwuda.com

Bagaimana saya mengenal Arwuda?
Pertama kali mengenal Arwuda yaitu dari jejaring sosial twitter, melihat akun Arwuda masih bingung juga apa sih tujuan dari pembuatan akun Arwuda, tapi setelah Arwuda membuat lomba-lomba yang berhadiah menarik dan menuntut kreativitas, Arwuda bisa lebih dikenal oleh masyarakat khususnya dikalangan twitter dan facebook. Arwuda juga telah mengajarkan kepada semua orang mengenai betapa pentingnya media sosial dan bagaimana cara memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.


Sekarang kesimpulan yang bisa kita ambil, bahwa sebuah jejaring sosial tidak hanya bermanfaat positif bagi user tapi juga bisa menyebabkan hal-hal negatif lainnya. Semakin bertambah tuanya dunia, maka perkembangan ilmu teknologi pun akan semakin maju, dan tentunya rasa haus akan informasi pun akan semakin bertambah. Dari sinilah kita sebagai user harus bisa memilih manakah yang sekiranya bisa menguntungkan dan manakah yang akan merugikan. Tetap berkarya kawan!! be your self and keep fighting.





No comments:

Post a Comment